BUSINESS PLAN
A. Nama Usaha
Nama usaha yang akan kami dirikan yaitu “Bolu Kukus”.
B. Produk
Usaha ini bergerak di bidang produksi yaitu pengolahan dan pemasaran bolu kukus. Konsep bisnis ini menjual bolu kukus yang masih fres dan berkualitas tinggi. Selain rasanya enak, bolu kukus ini juga bisa dijadikan sebagai pengganti nasi saat lapar, karena mengandung karbohidrat dari tepung terigu.
C. Pangsa Pasar
Pangsa pasar yang kami tujukan yaitu masyarakat sekitar. Tempat yang akan direncanakan untuk usaha ini yaitu di kampus dan sekitarnya.
D. Lokasi Usaha
Tempat yang akan direncanakan untuk usaha ini yaitu di kampus dan sekitarnya. Pertimbangan kami memilih lokasi tersebut yaitu:
Ø Lokasi ini strategis, karena merupakan pusat kegiatan mahasiswa.
Ø Lokasi dekat dengan perumahan penduduk dan tempat kost para mahasiswa.
E. Proses Produksi
Cara Membuat:
- Alasi ± 20 cetakan bolu kukus dengan kertas roti lalu masukkan ke dalam panci kukus yang airnya sedang mendidih.
- Kocok telur, gula dan vanilla sampai kental dan naik lalu masukkan bergantian, ½ bagian tepung, ½ bagian air soda, begitu seterusnya sampai adonan habis, aduk rata. Ambil 5 sdm adonan, beri coklat bubuk, aduk rata.
- Tuang adonan ke dalam cetakan sampai hampir penuh lalu tambahkan 1-2 sdt adonan yang diberi coklat bubuk.
- Tutup panci kukusan, masak ± 20 menit dengan api besar tanpa membuka tutpnya. Kukus hingga matang dan merekah, selama ± 25 menit.
Untuk 20 bolu kukus.
F. Strategi Pemasaran
Berikut ini adalah strategi pemasaran yang kami lakukan :
1. Kebijakan Produk
Usaha ini bergerak di bidang produksi, yaitu bolu kukus. Bisnis ini menjual produk berupa bolu kukus yang memiliki cita rasa yang enak tidak kalah dengan bolu kukus lainnya.
2. Kebijakan Harga
Harga masih merupakan faktor yang perlu mendapat perhatian khusus agar pangsa pasar yang dituju dapat dicapai karena sesuai dengan tingkat pendapatan mereka. Oleh karena itu kami menawarkan harga yang cukup terjangkau oleh masyarakat khususnya mahasiswa dengan harga mulai Rp 1500,-.
3. Kebijakan Promosi
Untuk meningkatkan pangsa pasar maka perlu dilakukan Promosi, bentuk promosi yang akan kami lakukan antara lain memasarkan produk langsung ke calon pembeli.
G. Biaya Pemasaran
Jenis Biaya
|
Selama 2 Minggu
|
Biaya Pemasaran
|
25.000
|
Biaya Administrasi
|
15.000
|
Total Biaya
|
40.000
|
Struktur Organisasi
PIMPIPINAN
|
BAGIAN PRODUKSI
|
BAGIAN PEMASARAN
|
BAGIAN KEUANGAN
|
KARYAWAN
H. Perencanaan Kegiatan / Penjadwalan kegiatan
Perencanaan Kerja
No
|
Nama Kegiatan
|
Minggu I
|
Minggu II
| ||||||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
| ||
1
|
Persiapan
| ||||||||||||||
2
|
Produksi
| ||||||||||||||
3
|
Pemasaran
|
ASPEK KEUANGAN
. SUMBER DANA
| |||||
1. Pribadi 100%
|
250.000
|
Itulah Contoh bisnis plan sederhana terbaru lengkap dengan cara membuatnya yang dapat saya berikan untuk anda semoga dapat memberikan manfaat dan menambah informasi bagi anda yang saat ini sedang bingung mencari maupun merencanakan bisnis usaha anda. Terima kasih Atas kunjungan anda
selain ide bisnis yg jitu, kemampuan membaaca dan memenuhi permintaan pasar serta sumberpembiayaan adalah suatu yg inklup dlm suatau perencanaan bisnis baik itu dlm skala mikro, kecil maupun menengah
BalasHapus